Selasa, 19 Juni 2012


Tulisan untuk Negeri...
Tentang Kita dan Indonesia
Oleh: Septi Lovia E.

 Kerusuhan, konflik, kemiskinan, kebodohan, terorisme, dan sederetan kasus terjadi di masyarakat Indonesia. Masalah yang mewarnai kehidupan bangsa, menjadi warta utama berbagai media, diangkat sebagai topik yang tak lepas untuk diperbincangkan oleh berbagai lapisan masyarakat. Orang-orang akan dengan mudah dan bersemangat untuk menyebutkan daftar masalah yang menghiasi Indonesia. Dalam benak masyarakat, image Indonesia penuh dengan keburukan, sudut pandang yang membuat kita ragu untuk yakin bahwa Indonesia akan atau bahkan telah maju.
          Indonesia itu indah….
     Indah dari segi alamnya, tentu tidak ada yang meragukan. Bentangan alam Indonesia dari puncak gunung tertinggi sampai dasar laut terdalam memiliki berjuta keunikan dan tersimpan harta yang melimpah, seperti emas, minyak bumi, dan gas alam. Berbagai spesies flora dan fauna yang luar biasa hanya ada di Indonesia, bahkan ada sosok binatang purba yang kini termasuk  tujuh keajaiban alam di dunia, Komodo.
       Penduduk Indonesia terbesar ke-empat di seluruh dunia, tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tentunya dengan bangsa yang besar tersebut, memiliki berbagai macam suku, bahasa, dan tradisi daerah yang sangat beragam, karena itu kita memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika. Sangat mengesankan ketika karnaval atau upacara pernikahan, orang-orang memakai pakaian adat dan menggunakan tradisi pernikahan dari berbagai suku yang berbeda. Di negara kita diakui secara nasional beberapa macam agama dan masyarakat dari berbagai agama tersebut dapat hidup rukun berdampingan dan saling menghargai satu sama lain. Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia, walaupun begitu kita tidak pernah mengakui diri sebagai negara Islam.
       Bahasa Indonesia, tidak salah para pemuda beberapa tahun silam mengangkat sumpahnya untuk menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Bahasa indah dengan berbagai limpahan  kandungan kata luar biasa. Bangsa kita yang terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia memiliki kelebihan dibanding dengan bangsa lain yakni lebih memudahkan dalam pemahaman dan pengucapan bahasa asing.
Pendapatan per kapita kita termasuk 15 besar dunia, cukup bangga meskipun masih banyak warga yang hidup di bawah garis kemiskinan. Negara kita merupakan negara berkembang tetapi telah mampu menjadikan cukup banyak warganya sebagai golongan menengah keatas sehingga dapat membantu kehidupan rakyat lain yang kurang mampu. Ingatlah bahwa jumlah rakyat Indonesia ini tidak sedikit, dan negara kita  sudah cukup hebat untuk itu.
         Dari sekian ratus juta masyarakat Indonesia, tentunya akan banyak pula orang-orang pintar yang dilahirkan. Bagaimana mungkin kita bisa merdeka dan maju berkembang sampai saat ini tanpa adanya jerih payah dari para intelektual terdahulu. Saat merdeka, angka buta huruf negara kita masih 95%, betapa hebatnya perjuangan anak bangsa sehingga saat ini masih tersisa sekitar 8%. Walaupun hanya 8% tetapi itu bukan angka kecil  mengingat jumlah penduduk kita yang sangat besar
       Masih banyak keindahan Indonesia lainnya yang terkadang tidak kita sadari. Indonesia itu indah, Indonesia itu hebat tinggal bagaimana kita mengindahkan dan membuatnya bersinar. Masalah-masalah berat akan selalu ada, tidak akan hilang bahkan datang silih berganti, tetapi jangan sampai merusak dan menutupi potensi luar biasanya Indonesia, baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Bukankah besi akan semakin kuat ketika ditempa panas yang luar biasa?
  




Saat ini orang-orang akan dapat dengan mudah menjawab pertanyaan “Kenapa Indonesia belum maju? , karena bangsanya kurang disiplin, profesional, dan sejuta alasan ini itu.”  Tapi yakinlah  kita akan menjawab dengan tegas pertanyaan “Kenapa Indonesia bisa maju? karena bangsanya yang disiplin, profesional, aktif, cerdas, berbudi pekerti, dan sebagainya.”
Kekuatan dan harta terbesar yang dimiliki sebuah negara adalah Manusianya. Perbaiki dan kembangkan potensi dimulai dari diri kita untuk yang tercinta INDONESIA…. J
Hidup Mahasiswa !
Hidup Pemuda !
Hidup Indonesia !
Penulis dan Editor Gambar :
Septi Lovia ‘Metshu’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar