Senin, 11 Juni 2012

Tulisan untuk Negeri...
Kebangkitan Kesadaran

Kekhawatiran akan kemunduran bangsa kini sudah mulai tampak dari wajah-wajah anak bangsa. Kehausan akan jiwa kebangsaan yang kini jarang ditemukan dan keapatisan yang kini semakin menjadi hal biasa dalam benak anak bangsa. Berawal dari hal-hal kecil seperti inilah, kerumitan persoalan bangsa ini hingga semakin rumit dan tak kunjung terselesaikan. Bagaimana bangsa ini nantinya diwariskan pada anak dan cucu kelak, lalu perubahan apa yang akan diperjuangkan untuk bangsa ini. Apakah kita berpikir bahwa ‘itu tugas siapa?’ jawabnya tentu siapa lagi kalau bukan kita anak-anak bangsa. Negeri ini, tempat dimana bangsa ini tumbuh, adalah tempat terbaik kita. Tempat dimana apapun yang diinginkan harus diperjuangkan, perjuangan yang harus dimulai sekarang juga.
Kesadaran bukanlah suatu yang dapat ditukar dengan materi. Pentingnya sebuah kesadaran untuk mewujudkan perubahan, sadar bahwa perubahan ada ditangan para anak bangsa. Dan juga sadar bahwa bangsa ini tak berharap pada siapapun selain pemuda untuk mewujudkan perubahan, untuk melunasi janji kemerdekaan yang sekarang ini dirasakan jauh dari yang diharapkan. Bagaimanapun pemuda harus bangkit, perubahan dan kemajuan bangsa terletak pada pundak pemuda. Meskipun berat, tapi percayalah ‘nothing is impossible, impossible is nothing’ yakinlah bahwa akan ada campur tangan Tuhan untuk setiap niat baik yang akan kita perjuangkan. Kita adalah orang-orang terpilih, manusia-manusia pilihan dengan kelebihan-kelebihan yang luar biasa. Memang tidak semua orang terlahir untuk menjadi juara, tak semua orang terlahir untuk mencintai bangsa ini, dunia kelembagaan maupun keorganisasian. Tapi tak seorangpun didunia ini yang terlahir untuk sia-sia, kita semua adalah pahlawan ketika kita mau berjuang.
Pada saat manusia naik keatas permukaan bumi, maka bentuk dan massa akan berubah dalam pandangannya. Manusia akan melihat paparan yang sangat luas dan dibawahnya, sementara ia tetap seperti apa adanya tak ada yang berubah. Seperti halnya manusia dalam meningkatkan kemajuan budaya dan kesempurnaan moral. Manusia akan mengubah banyak hal melalui pikiran dan perasaannya. Perubahan berawal dari sebuah pemikiran yang kemudian dijalankan dengan penuh keyakinan. Perubahan bersumber dari 95% action, karenanya lakukanlah perubahan itu sekarang juga. Tuntaskan janji kemerdekaan kita, meningkatkan kesejahteraan umum dan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Perubahan, ada pada pundak kita semua...Pemuda Indonesia!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar